Latest News

About Tugu Khatulistiwa



wah udah lama ga posting nihh. gara gara koneksi di rumah mati untuk sementara. huh. hampir sebulan ga bisa ngurus ni blog. huhh.. maaf ya kawan kawan blogger. -_-.
oke langsung aja deh.. ehehe. kali ini saya mau posting tentang ikon wisata kota kelahiranku. Kota PONTIANAK. :D . ikon wisata ini adalah Tugu Khatulistiwa. ga tau tugu khatulistiwa ? ? ahh.. katrok lu pade.. haha.. Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument adalah tempat terjadinya titik kulminasi matahari, yaitu suatu fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan "menghilang" beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu. nah oleh sebab itu nama tugu tersebut di sebut sebut tugu khatulistiwa.
Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.
jujur aja ya. seumur umur aku belum pernah masuk nih tugu. hahah. lewat sih sering. kata orang orang sih di dalam tugu ini ada cerita sejarah terbentuknya tugu ini.
Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian yang terkenal kuatnya, masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.

Diameter lingkaran yang ditengahnya terdapat tulisan EVENAAR sepanjang 2,11 meter. Panjang penunjuk arah 2,15 meter.

Tulisan plat di bawah anak panah tertera 109o 20' OLvGr menunjukkan letak berdirinya tugu khatulistiwa pada garis Bujur Timur.

nah sekian yang aku tau tentang tugu kahtulistiwa. semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. kalo masih penasaran about tugu khatulistiwa, dateng aja ke pontianak. letaknya ga jauh jauh amat dari pusat kota kok. cuma naik 2 jembatan sungai yang lumayan gede.heheh..
thx.

About Tugu Khatulistiwa
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

4 komentar:

  1. wah, di provinsiku juga ada tugu khatulistiwa kok.. :D

    ReplyDelete
  2. sumbar.. bos, gak apdet?

    ReplyDelete
  3. ohh. jauh donk..

    kga update lg bos,. gak sempet..

    ReplyDelete

Top