Latest News

SDM Bermoral dan Berkualitas Internasional


Keprihatinan saya akan rusaknya bangsa ini mendorong saya untuk mengulas sedikit akan SDM yang di miliki bangsa Indonesia ini.

Jika di lihat dari berbagai survey yang telah di lakukan mengenai kualitas SDM di negara kita sungguh sangat menyedihkan hasilnya.
Kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia, jika diukur dengan indeks pembangunan manusia, menempati ranking yang sangat rendah, yakni urutan 112 dari 172 negara di dunia.

Mempermasalahkan Sumber Daya Manusia ini bukanlah hal yang sulit, namun untuk memperbaikinya merupakan hal yang sangat sulit. Mempermasalahkan SDM ini paling mudah di lakukan, yaitu dengan cara membandingkan SDM antar negara. Namun, membandingkan hal hal yang bersifat kualitatif tidak begitu mudah di lakukan karena hasilnya dapat bersifat subjektif. Perbandingan berdasarkan hal hal yang kuantitatif atau dapat di angkakan lebih mudah di lakukan. Perbandingan berdasarkan hal hal yang kuantitatif memberikan beberapa gambaran yang positif tentang negara dan bangsa Indonesia, tetapi dalam waktu yang sama banyak gambaran lainnya yang menempatkan Indonesia pada posisi yang sangat memprihatinkan di bandingkan dengan bangsa bangsa lain di dunia.

Apa yang menyebabkan SDM bangsa kita rendah ?
Penyebab yang paling dominan adalah PENDIDIKAN. Mengapa saya bilang pendidikan ? ya.. karena pendidikan merupakan faktor utama pembentuk kualitas seseorang. Bagaimana mau pintar jika tidak sekolah ? Apakah seseorang bisa pintar tanpa belajar ? Pastilah tidak, namun di era globalisasi ini apa pun itu asal mempunyai banyak uang pasti bisa di capai. Nah, inilah sebuah kebodohan yang kita miliki. Inilah yang menyebabkan SDM kita sangat rendah, semuanya di dapat dengan uang tanpa ada pengorbanan yang berarti.

Gaya pendidikan yang cenderung hanya mengembangkan otak kiri tanpa memperdulikan pengembangan otak kanan, juga telah menghasilkan generasi kronis dan terjadinya split personality”. Tidak ada keseimbangan antara akal dan batin yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan, sehingga tidak ada integrasi antara otak dan hati. Negeri ini yang lebih menekankan nilai akademik, kurang memberikan bobot kepada masalah kecerdasan emosi yang mengajarkan tentang integritas, kejujuran, komitmen, visi, kreativitas, ketahanan mental, kebijaksanaan, keadilan, prinsip-prinsip kepercayaan, penguasaan diri, atau sinergi, telah membentuk manusia Indonesia seperti yang kita saksikan saat ini.

Satu kualitas sumber daya manusia yang patut dipertanyakan. Manusia yang buta hati, dengan krisis moral yang tajam. Pada sisi lain pendidikan yang sarat dengan nilai-nilai religius tidak di pahami atau dimaknai secara mendalam, tetapi lebih pada tataran dan pendekatan simbol-simbol dan acara ritual. Fenomena ini dengan telanjang kita saksikan bagaimana pemisahan antara kehidupan dunia dan akhirat.

Kemudian, faktor yang juga mempengaruhi kualitas SDM adalah moral. Moral termasuk faktor yang sangat mempengaruhi kualitas seseorang. Bagaimana jika seseorang mempunyai ilmu yang sangat sangat pandai dan kreatif tetapi tidak memiliki moral sama sekali ? apakah bisa di bilang SDM berkualitas ? Contoh saja para pejabat yang mempunyai ilmu intelektual yang luar biasa namun, karena nilai moral mereka yang kurang, mereka melakukan hal yang melenceng dan melanggar hukum semaunya tanpa memikirkan orang lain. Percuma saja bukan ? Lebih baik menjadi orang yang biasa saja tetapi jujur apa adanya dan selalu bersyukur.

Nah, inilah yang seharusnya kita renungkan sejenak. Bagaimana kita mengolah diri kita agar bisa menjadi seseorang yang dapat membanggakan diri sendiri, orang lain bahkan negara. Kita harus menjadi SDM berkualitas bagi bangsa ini. Mungkin ini cuma sebuah mimpi, namun ini bukanlah sebuah mimpi yang tidak bisa menjadi kenyataan.


*beberapa kalimat di atas saya kutip dari berbagai sumber yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, jadi bagi siapa yang membaca tulisan ini dan menganggap ada beberapa kalimat yang mirip dengan tulisannya saya mohon maaf karena tidak mencantumkan sumbernya. terima kasih.




no image
  • Title : SDM Bermoral dan Berkualitas Internasional
  • Posted by :
  • Date : 1:43 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Top