Latest News

Bangga Indonesia | Budayakan Budaya Sendiri


Bingung mengapa saya posting denga judul "Bangga Indonesia | Budayakan Budaya Sendiri" . Postingan ini di buat karena saya ikut serta dalam Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC dan bukan hanya ditujukan pada kompetisi tersebut, tulisan ini juga di tujukan kepada seluruh warga masyarakat Indonesia.


Budayakan Budaya Sendiri ? Bingung ? . Budayakan budaya sendiri maksudnya membudayakan budaya yang ada. Makin bingung ? sengaja ! Saya sengaja membuat anda bingung agar anda berpikir, dan berimajinasi. Jangan hanya bisa membaca tetapi tidak berfikir apa tujuan anda membaca postingan ini.


Marilah berfikir sejenak apakah definisi budaya itu. Dari pengalaman saya sekolah dan menuntut ilmu, yang saya dapatkan definisi budaya adalah "Hasil cipta rasa karsa manusia dalam suatu lingkungan tertentu". tetapi, secara umum Budaya sering di artikan "segala sesuatu yang dibawa atau dikerjakan oleh manusia, berlawanan dengan "perkara semula jadi" yang bukan diciptakan atau boleh diubah oleh manusia"

Kembali ke topik inti, Budayakan Budaya Sendiri. Budayakan berarti membudayakan budaya yang kita miliki sendiri(Bangsa Indonesia) bukan budaya yang orang lain miliki (Luar Negeri). Beberapa yang termasuk dalam kategori budaya adalah seni, sastra, kuliner, pakaian, arsitektur, norma, hukum, adat istiadat dll. Hampir semua dari kategori budaya tersebut di miliki oleh Indonesia. Karena Indonesia ini luas dan menyebar, sehingga di setiap daerah masing masing terdapat budaya yang unik yang dapat di banggakan daerah itu sendiri dan itu merupakan kebanggaan kita (Bangsa Indonesia).


Seharusnya kita bersyukur memiliki keanekaragaman budaya. Bagaimana cara bersyukurnya ? cara bersyukurnya ialah dengan melestarikan budaya tersebut. Jangan hanya bisa marah ketika budaya itu di ambil negara lain. Sebelum budaya itu di ambil negara lain kalian kemana ?

Sekarang yang terjadi di Indonesia adalah berlomba lomba membudayakan budaya luar (barat). Apa Buktinya ? tidak perlu saya sebutkan lagi, pasti anda semua sudah tau apa saja budaya barat yang membudaya di indonesia. Apakah ini bisa membanggakan Bangsa kita ? Jawabannya TIDAK! Yang akan bangga adalah Orang yang memiliki budaya tersebut yaitu orang barat. Orang barat yang latarbelakangnya jauh berbeda dengan kita orang timur.


Sudah saatnya kita sadar akan berharganya Budaya sendiri. Setidaknya kita melestarikannya agar budaya itu tetap hidup. Minimal di daerah budaya itu berkembang. Dan mulailah sedikit meninggalkan Budaya luar yang tidak bermanfaat bagi diri dan bangsa kita.

Marilah bangun, bangkit, pertahankan dan lestarikan budaya yang kita miliki yang bisa membanggakan diri sendiri dan Bangsa Indonesia.

Lakukanlah apa yang membuat Bangga Indonesia !


Artikel ini diikutsertakan dalam Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC yang diselenggarakan oleh www.mudaers.com dan di tujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia .

Bangga Indonesia | Budayakan Budaya Sendiri
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Top